Sabtu, 06 Juni 2015

MENJELAJAHI PELAKSANAAN BUSINESS PROCESS REENGINEERING DI BANK (EXPLORING THE IMPLEMENTATION BUSINESS PROCESS REENGINEERING IN BANKS)

Mengangkat sebuah tema penelitian di Bank Nigeria, jurnal ini mencoba menjelaskan mengenai penerapan BPR (Business Process Reengineering) dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui di bank tersebut. Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk:
1. Menetukan status dan proses operasional yang direkayasa ulang di Bank Nigeria
2. Menentukan tujuan organisasi dalam mengimplementasikan BPR pada Bank Nigeria
Hasil studi ini menemukan bahwa bank-bank Nigeria yang disurvei telah direkayasa ulang operasional cabang, layanan pelanggan, layanan tellering tunai, kliring cek, transfer dana dalam negeri, pengolahan pinjaman, administrasi kredit dan penilaian dari bank tersebut. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa 24,7% dari bank-bank yang disurvei setuju bahwa peningkatan laba adalah yang paling tujuan pelaksanaan BPR, diikuti oleh 23,3% dari bank-bank yang disurvei yang berpendapat bahwa perbaikan atas kualitas layanan pelanggan adalah tujuan yang paling utama dari adopsi BPR. Selain itu, 20,4%, 11,5% dan 12,9% dari bank survei berpendapat bahwa tujuan organisasi mengadopsi BPR adalah berupa tindakan proaktif, reaktif untuk masa depan/tantangan saat ini, dan tekanan kompetitif yang dihadapi sebagai akibat dari globalisasi. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan penting bagi manajer dan peneliti untuk memahami lebih lanjut tentang tujuan mengadopsi  BPR dan proses operasional yang direkayasa ulang oleh bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar