Minggu, 08 Maret 2015

KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN DALAM PENGADOPSIAN PENGGUNAAN E-COMMERCE ANTAR PENGUSAHA DI SABAH (PERCEIVED USEFULNESS AND PERCEIVED EASE OF USE OF E-COMMERCE ADOPTION AMONG ENTREPRENEURS IN SABAH)

Dikarenakan kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Internet, e-commerce yang diadopsi oleh pengusaha meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian dalam jurnal ingin menguji ada atau tidaknya pengaruh dari variabel bebas dalam penelitian terhadap variabel terikat dari penelitian yang dilakukan di Sabah. Adapun variabel bebas yang digunakan adalah profil demografi (usia, etnis, tingkat pendidikan) dan karakteristik wirausaha (kebutuhan untuk berprestasi, kemampuan dalam mengambil resiko, locus of control). Sedangkan variabel terikat yang dimaksud adalah kegunaan dan kemudahan dari penggunaan e-commerce. Metodologi yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan membagikan kuisioner dan data diolah menggunakan salah satu tool multivariate analysis yaitu multiple regression. Hasil yang diperoleh adalah
1. Profil Demografi secara keseluruhan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kegunaan e-commerce maupun kemudahan dalam pengadopsiannya karena keseluruhan dimensinya tidak memiliki pengaruh yang signifikan
2. Karakteristik Kewirausahaan secara umum hanya mempengaruhi pada presepsi kemudahan dalam menggunakan e-commerce saja tetapi tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap presepsi manfaat akan e-commerce kecuali pada dimensi locus of control

Tidak ada komentar:

Posting Komentar