Sabtu, 06 Juni 2015

BUSINESS PROCESS MODELING DARI PENGADAAN DAN PENGINSTALASIAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ORACLE BPM

Pada tulisan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman penulis dalam menggunakan Oracle BPM dalam memodelkan proses pengadaan hingga penginstalasian mesin produksi. Dengan menggunakan Oracle BPM kita dapat mensimulasikan tahapan dari business process seperti pada aslinya dan kita juga dapat memasukan lama waktu yang diperlukan dalam menjalankan sebuah proses serta jumlah entitas yang akan digunakan. Pada kai ini penulis mencoba mengangkat business process dari pengadaan hingga penginstalasian mesin produksi. Adapun tahapan business processnya adalah:
1. Pengecekan kebutuhan mesin
2. Pembuatan form permintaan mesin
3. Membuat surat permintaan dan penawaran harga
4. Mencari preferensi harga mesin
5. Pemilihan supplier
6. Membuat surat penawaran harga
7. Membuat persetujuan dengan supplier
8. Membuat surat order pembelian
9. Menunggu pengiriman barang
10. Menerima mesin dan pengecekan kesesuaian order
11. Membuat laporan pengadaan mesin
12. Penginstalasian mesin
13. Pengujicobaan mesin
14. Membuat laporan penginstalasian mesin
Setelah melakukan pengerunan model, didapati waktu yang dibutuhkan pada beberapa tahap masih terlalu lama dan tidak sesuai, maka dilakukanlah perbaikan waktu proses. Adapun output dari perbaikan tersebut adalah semakin berkurangnya waktu yang dibutuhkan selama proses.

1 komentar:

  1. dulu saya buta tentang BPR. saya kira Baper. Setelah saya membaca review jurnal yang di post oleh sdr Enrico, saya jadi tahu bahwa BPR (Business Process Reengineering) merupakan tools dalam melakukan inovasi terhadap Sistem Bisnis jenis apapun. Terima kasih Enrico Laoh

    BalasHapus