Sabtu, 06 Juni 2015

MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS PART 2 (MEMBUAT RELATIONAL DATABASE BIMBINGAN BELAJAR)

Perkembangan database saat ini lebih mengarah pada relational database dimana sekumpulan dataset akan ditentukan relasi keterkaitannya dengan tujuan agar mempermudah pencarian informasi yang dibutuhkan. Pada microsoft access, menu seperti hal tersebut dapat dilakukan dengan membangun relationship antar tabel. Sedangkan untuk mempermudah pencarian, dapat dibuat query, dimana hanya informasi yang ditentukan saja dapat muncul dengan batasan yang diberikan dengan memberikan logic pada field dalam query tersebut. Untuk mempelajari hal tersebut, penulis mengangkat studi kasus pada database bimbingan belajar. Adapun tabel-tabel dan field-field yang dibuat dalam database tersebut adalah sebagai berikut:
1. Tabel data pribadi siswa. Pada tabel ini terdapat field nomor peserta, nama siswa, jurusan, kelas, pola hari, asal SMA, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, pekerjaan orang tua, nomor HP siswa, dan nomor HP orang tua.
2. Tabel data pembayaran bimbingan. Pada tabel ini terdapat field nomor peserta, biaya bimbingan, tanggal pelunasan, dan cara pelunasan.
3. Tabel data peminatan siswa. Pada tabel ini terdapat field nomor peserta, nomor peserta, jurusan yang niminati, dan universitas yang diminati.
4. Tabel data kehadiran siswa.  Pada tabel ini terdapat field nomor peserta dan data kehadiran siswa minggu ke 1-24.
5. Tabel data nilai tryout siswa. Pada tabel ini terdapat field nomor peserta dan daftar nilai tryout dari TO 1-8.
Setelah data dimasukan, untuk membengun relasi antar data set dalam sebuah tabel dapat dilakukan dengan memilih menu database tool => relationship => lalu masukan semua tabel => drag field dari sebuah tabel ke tabel yang lain yang memiliki field yang sama => garis relationship terbentuk. dan untuk mengubah tipe relationship dapat dilakukan dengan mengclick dua kali garis tersebut. Setelah realtionship terbentuk barulah dapat membuat query dengan memilih menu create => query  design => masukan tabel yang akan digunakan => masukan field yang akan ditampilkan => masukan logic jika ingin memberikan batasan pada data yang akan ditampilkan pada field tertentu => pilih run. Maka query yang dibuat dapat memunculkan data yang diinginkan.

17 komentar:

  1. Tulisannya bagus. Menambah wawasan. Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. boleh juga dicoba cara membuat database ini..

    BalasHapus
  3. boleh juga dicoba cara membuat database ini..

    BalasHapus
  4. bagus seklai tuliasannya. saat ini database memang dibutuhkan perusahaan memang dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui loyalitas dari konsumen

    BalasHapus
  5. Wah menarik sekali informasinya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  6. ulasan yang menarik enricoo :)

    BalasHapus
  7. menarik sekali infonya. terimakasih Enrico!

    BalasHapus
  8. Sangat informatif. Pemilihan topiknya juga bagus. Ditunggu tulisan selanjutnya, Enrico :)

    BalasHapus
  9. Wah tulisannya sangat informatif. Makasih Enrico :)

    BalasHapus
  10. Topiknya bagus co.. ditunggu next postnya :)

    BalasHapus
  11. Menarik sekali. Semoga bisa menambah wawasan kita semua :D

    BalasHapus
  12. Topiknya menarik, langkah-langkahnya cukup detail. Terima kasih sudah share.

    BalasHapus